19
Mar
08

Constructivism

Berkembang pada tahun 1913-1930 oleh Vladimir Tatlin. Pergerakan konstruktivisme di Rusia merupakan pengembangan dari kubism, futurism Italia dan Suprematism di Rusia, Beo Plasticism di Belanda dan sekolah Bauhaus di Jerman. Estetika menurut seniman konstruktivisme berkaitan dengan bentuk atau bidang geometris kinetik, sebagai sebuah cerminan jaman modern yang dikuasai oleh mesin.

Naum Gabo bersaudara dan Antoine Pevsner selalu mendukung pergerakan, memasukan elemen pahatan dari kubisme dan futurisme dengan sebuah kiasan untuk arsitektur, teknologi. Pergerakan pertama gebrakan konstruktivisme dimuat pada tahun 1921, ketika kelompok pekerja pertama dibentuk di Moskow. Pada akhirnya pergerakan tersebut menyebar ke Belanda dan Jerman sebelum mencapai ketenaran internasional. Pergerakan ini diutamakan terhadap bentuk geometrik yang terkadang menggunakan alat bantu matematik dan ilmu ukur. Mereka mengarah kepada bentuk-bentuk dasar dari persegi, segi empat, lingkaran dan segitiga. Konstruktivisme menggunakan barang material permanen termasuk kayu, seluloid, nilon, papan kartu, kawat las atau lem secara bersamaan. Di akhir dari pengembangannya, konstruktivisme memasukan aluminium dan tembaga dalam penggunaan bentuk dan material. Tujuan mereka menggambarkan kekuasaan dari mesin di dunia modern dan kemenangan atas alam.

Pergerakan kontruktivisme merupakan pergerakan yang diciptakan oleh pelopor seni Rusia dan cepat menyebar. seni konstruktivisme merupakan seni dengan kesepakatan untuk melengkapi abstraksi dengan sebuah pengabdian terhadap modernitas dimana tema-temanya geometrik kinetik, eksperimental. Bentuk-bentuk yang objektif membawa arti secara universal lebih cocok untuk pergerakan dibandingkan dengan bentuk subjektif dan individualistik. Tema konstruktivisme cukup minimalis, dimana seni bekerja turun drastis menjadi elemen dasar. Media baru jarang digunakan dalam pekerjaan kreatif, yang mana dapat membantu menciptakan sebuah gaya dari seni yang baik. Prinsip dari teori konstruktivisme berasal dari 3 gerakan utama yang berkembang pada awal abad 20 an. Konstruktivisme tergabung dengan arsitektur dan seni terapan pada awalnya. Pergerakan yang cepat ini sangat idealistik, mencari sebuah bentuk baru dalam seni dan arsitektur yang sesuai dengan masalah sosial dan ekonomi.

Tokoh-tokohnya: Vladimir Ttalin, Kasimir Malievich, Alexandra Exter, Robert Adams dan El Lissitzky.

contoh constructivism:

120px-rodchenko-mayak-nipple.jpg180px-plakat_mayakowski_gross.jpg120px-kluts_stal.jpg200px-novibyt1924.jpg


0 Responses to “Constructivism”



  1. Leave a Comment

Leave a comment


March 2008
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31