11
Mar
08

Art and Craft Movement

Pergerakan seni dan griya pada awalnya terjadi di Inggris sekitar abad 19. di negara tersebut terjadi pergantian tenaga kerja yang tadinya menggunakan tenaga manusia menjadi tenaga mesin atau yang lebih dikenal dengan revolusi industri. pergerakan ini menggantikan gaya dari era victorian yang terinspirasi dari pemikiran tentang perhatian dalam kehidupan sosial. di jaman revolusi industri masyarakat terbagi-bagi berdasarkan keahlian mereka masing-masing. Akan tetapi revolusi industri sangat berdampak buruk bagi masyarakat. yang kaya semakin kaya sedangkan yang miskin semakin terpuruk. dan kualitas hidup pun menurun contohnya: banyak terjadi pengangguran dan desain pun menjadi lebih sederhana, detail tidak lagi tergarap.

Penjelasan tentang Revolusi Industri

Dalam waktu 50 tahunan, meningkatnya penggantian tenaga kerja manusia dengan mesin, penggantian tenaga makhluk hidup dengan benda mati, telah mencetuskan revolusi industri. Proses ini telah berkembang lambat selama 3 abad lebih, akan tetapi menjelang akhir abad ke-18 tiba-tiba menjadi semakin cepat. Di akhir abad ke-19 orang-orang merasa bahwa orde baru telah lahir, tidak saja di bidang industri tetapi juga di bidang ekonomi, politik, ilmu. Di kota-kota besar kaum kapitalis kelas menengah baru secara menakjubkan terus menumpuk semakin banyak harta dan dengan tidak kenal lelah menarik seluruh masyarakat ke dalam pusaran usaha mereka dan karena meningkatnya pengetahuan, kedokteran telah berada di ambang kemajuan besar dalam menunda kematian dan meringankan penyakit

Di Inggris dan Amerika sangat percaya kepada talenta dan kreativitas dari seniman itu sendiri. Di Inggris pergerakan difokuskan kepada gaya gothik yang detail dan elegan. Dinding rumah mereka pun dilapisi dengan wallpaper ( dengan tema jaman pertengahan ). Tanah liat, tembikar dan tekstil dengan detail, rumit, bewarna dan terlihat nyata. Pergerakan di Amerika menggambarkan inspirasi dari material.

Art and Craft Movement merupakan gerakan yang berupaya melawan revolusi industri..sangat anti mesin tokohnya…William Morris, John Ruskin. yang pada akhirnya dibuatlah bengkel untuk mengekspos desain yang penuh dengan ukiran handmade.

Di tahun 1861, william Morris mendirikan suatu firma yang bernama “The Firm of Morris Marshall and Fawlkner” yang memperdebatkan bahwa dasar yang benar dari tampilan seni. Morris dan pengikutnya menentang barang-barang yang terbuat melalui mesin. Firmanya mempromosikan tekstil buatan tangan, buku, wallpaper dan mebel.

Sekilas tentang John Ruskin dan William MorrisOrganisasi ini didirikan oleh John Ruskin dan william Morris di tahun 1888 di Inggris. Ruskin mengkritik kondisi sosial buruh di Inggris yang sangat menyedihkan pada awal revolusi industri. Ide ini diaplikasikan murid Ruskin, William Morris dalam menghasilkan produk-produk logam, furnitur, tekstil, barang cetakan dan sebagainya. Bengkelnya sejak tahun 1880 menghasilkan berbagai produk dengan gaya gothik dan ketimuran. Kedua pendiri ini memiliki paham sosialis, diantara ide-ide mereka adalah reformasi sosial, penolakan metode kerja pabrik yang membuat buruh bekerja secara mekanis tanpa kesenangan. Ruskin cenderung pada metode kerja abad pertengahan dimana pekerja memiliki keterampilan dan kesenangan dalam proses produksi sebuah barang, menghasilkan barang yang indah dengan harga terjangkau orang banyak. Masa jaya gerakan ini sekitar tahun 1888-1910. Keadaan seni dan kerajinan yang berkembang pesat di Inggris ini mendorong Jerman untuk mengirimkan mata-mata kebudayaan, Herman Muthesius, yang mempunyai kritik untuk Art and Craft Movement adalah bahwa walaupun berusaha menyediakan barang-barang yang indah untuk masyarakat banyak , namun ternyata barang-barang yang dibuat menjadi mahal dan hanya dapat dijangkau orang kaya di Inggris.

moulin_rouge.jpgpark.jpgmusings.jpgchildpainting.gif


0 Responses to “Art and Craft Movement”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: